Tuesday, September 8, 2009

Fakta-fakta Kesalahan Penggunaan Ponsel

Meskipun teknologi memudahkan aktivitas manusia, namun WHO menyimpulkan penggunaan ponsel secara terus-menerus selama 5 – 18 tahun atau lebih menimbulkan resiko lebih tinggi terkena kanker darah (leukemia) atau kanker pankreas. Seseorang yang sering terkena radiasi ponsel, cepat atau lambat, dapat menimbulkan efek detrimental pada otak.
Riset media di Amerika Serikat menunjukkan, laki-laki yang menggunakan ponsel lebih dari 4 jam setiap hari mengalami penurunan jumlah sel mani hingga 40 persen, dibandingkan laki-laki yang  pemakaian ponselnya rendah. Dari perilaku penggunaan ponsel, ada enam fakta yang ternyata secara medis berpengaruh kepada fisik si pengguna.

1.Menggantungkan ponsel di leher atau di pinggang
Menggantungkan ponsel di leher memang sudah biasa kita lakukan karena terasa lebih praktis, namun fakta medis berbicara lain. Menyimpan ponsel di sekitar area leher berbahaya bagi penderita arrhythmia atau gangguan irama jantung. Fungsi jantung menjadi tidak sempurna akibat pengaruh radiasi dari ponsel yang menggantung di sekitar dada. Apalagi ada yang memasang alat pemacu jantung.
Solusi: 
  • Selalu simpan ponsel di dalam tas, dompet atau sarung dengan cara digenggam, bukan diikatkan pada pinggang atau digantungkan di leher.
2.Langsung menempelkan ponsel di telinga ketika hubungan belum tersambung
Umumnya, begitu memencet nomor yang ingin dihubungi, pengguna langsung menempelkan ponsel di telinga untuk mendengarkan apakah nada sudah tersambung. Padahal percakapan belum dimulai sedetikpun.
Solusi:
  • Ketika hubungan telpon belum tersambung, radiasi akan bertambah kuat. Berikan selang waktu 5 detik untuk kemudian menelpon ulang kembali.
  • Langsung jawab pada telpon  jika ada telpon masuk.
3.Menempelkan ponsel di telinga ketika menelpon
Kelemahan suara yang dihasilkan sebuah ponsel bisa jadi alasan kenapa banyak orang tidak memberi jarak sedikitpun antara telinga dan ponsel  yang digunakan.
Solusi:
  • Berikan jarak antara telinga dan ponsel Anda
  • Pilih operator dan ponsel yang mampu memberikan jaringan dan sinyal yang baik.
  • Tekan tombol speaker (bagi yang punya fungsi ini), sehingga suara yang muncul bisa didengar dalam jarak > 30 cm.
 4.Melakukan percakapan terlalu lama
Tarif murah yang diberikan operator seperti memberi jalan tol bagi user untuk  berlama-lama bicara lewat ponsel. Padahal jika ponsel mulai terasa panas, Anda tahu bahwa ada sesuatu yang tidak beres.
Solusi:
  • Gunakan handfree/bluetooth untuk mengurangi radiasi
  • Jika terpaksa harus menelpon dalam waktu yang lama, letakkan ponsel secara bergantian di kiri dan kanan telinga setiap 1 – 2 menit.
  • Bila perlu, buat saja janji untuk bertemu.
5.Berbicara sambil mojok di sudut tembok, dan berbisik-bisik saat menerima telpon
Menelpon dengan bersembunyi di sudut ruangan lebih membahayakan kesehatan. Dalam kondisi umum, penutupan sinyal di sudut ruangan dapat menyebabkan daya radiasi ponsel pada sudut tertentu bertambah besar.
Solusi:
  • Usahakan untuk selalu mencari ruangan terbuka untuk berkomunikasi via ponsel
  • Jangan menggunakan ponsel untuk bergosip.
6.Menelpon sambil mondar-mandir
Tanpa disadari, sejumlah orang suka berjalan perlahan ketika menelpon. Secara tidak sadar menggerakkan posisi ketika menelpon, dapat menyebabkan ketidakstabilan sinyal yang diterima. Kalau sudah begitu, terjadi perubahan daya tinggi dalam waktu singkat yang tidak diperlukan.
Solusi:
  • Cari posisi yang paling nyaman
  • Berhenti dan diam ketika menelpon, karena menelpon hanya membutuhkan suara dan ponsel sebagai perantaranya.
  • Tidak menerima panggilan telpon sama sekali jika Anda sedang bergerak.
7.Menerima telpon saat sedang mengendarai mobil
Di kala Anda sedang mengendarai mobil, secara reflek langsung meraih ponsel Anda dan berbicara. Bila ponsel Anda kecil, ini akan menganggu gerakan tangan untuk mengendalikan mobil Anda; pegang ponsel, pindah gigi persneling, ini akan menganggu konsentrasi.
Solusi:
  • Gunakan handfree  atau bluetooth
  • Pasang tempat dudukan di dashboard untuk letakkan ponsel Anda.

2 comments:

  1. Halo bro... silahkan download template yang Anda pesan... thx..

    ^_^

    ReplyDelete
  2. datang berkunjung..bagus neh ngingetin pengguna ponsel..hehe

    ReplyDelete